Senin, 02 September 2013

PASKIBRAKA MAN 1 AMUNTAI KEBANGGAAN HULU SUNGAI UTARA


Amuntai (HSU) – Suatu kebanggaan bagi MAN 1 Amuntai, Muhammad Maki, siswa kelas XI IPS ini berhasil mewakili Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di tingkat provinsi pada saat upacara peringatan 17 Agustus sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Putra dari pasangan Bapak H. Samsul Anwar dan ibu Hj. Milawati ini merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Maki, seperti itu dia biasa dipanggil, berhasil membawa nama baik madrasahnya di tingkat provinsi.
Seleksi yang ketat dan banyaknya siswa yang berminat menjadi tantangan bagi Maki saat itu. Menjadi seorang paskibraka memang impiannya sejak dulu. Oleh karena itu, tak heran semangat yang dimilikinya pun berlebih agar mendapatkan yang terbaik. Tahapan demi tahapan seleksi diikutinya. Bersaing dengan sesama teman pun dilakukannya. 

Seleksi pertama dilaksanakan pada tanggal 2-3 April 2013. Dari 20 orang perwakilan MAN 1 Amuntai, Maki berhasil untuk mewakili madrasahnya. Seleksi selanjutnya yaitu memilih 6 orang perwakilan HSU untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi. Maki dan 5 orang kawannya pantas bersyukur, merekalah yang terpilih.

Seleksi tingkat provinsi yang bertempat di Gedung Pramuka, Banjarmasin ini berlangsung selama 3 hari. Seleksi yang menguras tenaga ini juga menuntut kerja keras dalam bersaing. Selain kondisi fisik yang harus selalu prima, wawasan pengetahuan juga harus dimiliki. Dari 6 orang perwakilan HSU, hanya Maki yang berhasil untuk mengikuti seleksi selanjutnya, sementara 5 orang kawannya harus cukup puas untuk menjadi paskibraka kabupaten saja.
Tinggal selangkah lagi, seleksi terakhir ini memilih perwakilan Kalimantan Selatan untuk menjadi Paskibraka Nasional. Namun sayang, kali ini Maki gagal untuk itu. Ternyata yang tepilih adalah paskibraka perwakilan Kota Banjarmasin dan Martapura. Kegagalan ini tidak mematahkan semangat Maki dalam berlatih. Puasa dan ibadah lainnya di Bulan Ramadhan bukan merupakan kendala baginya. 

17 Agustus 2013, bertugas sebagai pasukan 17 saat upacara pengibaran bendera di pagi hari dan sebagai pasukan 8 saat upacara penurunan bendera di sore hari dilaksanakannya dengan sukses. Impiannya untuk menjadi seorang Paskibraka telah tercapai. Harumnya nama madrasah telah dibawanya. Maki, paskibraka kebanggaan MAN 1 Amuntai. (@rn_Indonesia)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar